Cara hapus akun Bukalapak memang cukup rumit dan prosesnya tidak instan. Pasalnya, pengguna tidak dapat melakukan penutupan akun melalui aplikasi maupun versi website dari platform tersebut.
Lantas, bagaimana caranya jika ingin menghapus akun di salah satu marketplace terbesar di Indonesia ini? Pengguna harus menghubungi Pusat Bantuan (Help Center) Bukalapak.
Di samping itu, ada beberapa konsekuensi jika menghapus akun di Bukalapak. Oleh sebab itulah, sebelum memutuskan untuk menutup akun, diharapkan setiap pengguna sudah benar-benar memahami syarat dan ketentuan yang diberlakukan oleh pihak Bukalapak.
Daftar Isi :
Syarat dan Ketentuan Menghapus Akun Bukalapak

Sebelum menutup akun secara permanen, pengguna diwajibkan mempelajari Syarat dan Ketentuan (S&K) yang diberlakukan Bukalapak. Sebab S&K tersebut merupakan salah satu bagian dari Kebijakan Privasi dan Aturan Penggunaan Bukalapak.
Dengan mengajukan permohonan penutupan akun, pengguna dianggap sudah membaca, memahami, dan juga menyetujui seluruh isi S&K terkait penghapusan akun Bukalapak.
Berikut adalah ketentuan umum penutupan akun di platform Bukalapak:
- Penghapusan akun hanya dapat dilakukan oleh pengguna yang alamat emailnya telah terdaftar di Bukalapak.
- Apabila pengguna yang ingin menghapus akun tidak menggunakan email terdaftar saat mengajukan permohonan tutup akun, maka pihak Bukalapak tidak akan memproses lebih lanjut.
- Jika pengguna masih memiliki saldo di fitur layanan BukaEmas, BukaDompet, dan BukaReksa, pengguna diharuskan untuk melakukan pencairan sebelum melakukan penghapusan akun permanen.
- Bagi pengguna yang masih mempunyai pinjaman aktif, maka harus melunasi semua pinjaman tersebut terlebih dahulu.
- Sebelum permohonan penutupan akun diajukan, sisa saldo di BukaDompet wajib dicairkan terlebih dahulu (transfer) ke rekening bank pengguna yang telah terdaftar di Bukalapak.
- Untuk jumlah saldo BukaDompet di bawah minimal pencairan Rp25.000, pengguna hanya bisa memindahkan sisa saldo ke akun DANA milik pengguna. Jika pengguna tidak melakukan pemindahan dana saat mengajukan penghapusan akun, maka saldo akan hangus.
- Apabila masih ada transaksi aktif dan saldo di atas nominal minimal pencairan di fitur atau layanan Bukalapak, maka penutupan akun tidak bisa dilakukan.
- Pengguna telah memahami serta menyetujui bahwa semua kredit milik pengguna di BukaDompet akan hilang.
- Setiap pengguna yang ingin melakukan penutupan akun wajib mengunduh formulir berisi Permohonan Penghapusan Akun. Setelah itu, isi data serta alasan menutup akun. Jangan lupa, menandatangani formulir di atas materai.
- Pengguna diminta untuk melampirkan data seperti fotokopi SIM / E-KTP / Paspor, Swafoto, dan formulir Penghapusan Data yang sudah ditandatangani, kemudian kirim melalui email.
- Permintaan penutupan akun yang telah diproses tidak bisa dibatalkan. Pihak Bukalapak berhak untuk menolak permohonan penghapusan akun tanpa menyertakan alasannya.
- Pengguna wajib untuk tidak melakukan aktivitas atau transaksi apapun di platform Bukalapak ketika permintaan penutupan akun sedang diproses.
- Proses penutupan akun akan dilakukan dalam kurun waktu maksimal 3 x 24 jam (hari kerja).
- Penghapusan akun permanen akan menyebabkan semua data pengguna terhapus serta tidak bisa dikembalikan lagi.
- Saat permohonan penghapusan akun sudah disetujui dan proses menghapus data berlangsung. Pihak Bukalapak berhak untuk menyimpan data selama masa retensi sesuai kebijakan Bukalapak.
- Sebagai konsekuensi dari penghapusan akun, pengguna tidak akan bisa membuat akun baru kembali menggunakan data yang sama dengan sebelumnya.
- Pihak Bukalapak akan melakukan penutupan aku setelah proses validasi akun dan lampiran pendukung dari pengguna.
- Setelah akun secara resmi dihapus oleh Bukalapak, maka pengguna akan logout secara otomatis dan tidak bisa kembali login di Bukalapak, termasuk pula akun Mitra Bukalapak.
- Bukalapak tidak bertanggung jawab atas kerugian yang dialami pengguna akibat penutupan akun.
Cara Hapus Akun Bukalapak Terlengkap
Sudah bertekad untuk menutup akun Bukalapak permanen, tapi bingung mengenai apa yang harus dilakukan? Di bawah ini adalah langkah-langkah menghapus akun yang bisa dijadikan referensi:
1. Memahami Syarat dan Ketentuan Penutupan Akun Bukalapak
Pastikan telah mempelajari S&K menghapus akun di platform Bukalapak. Ketentuan umum seputar penutupan akun sudah dijelaskan sebelumnya. Baca dengan baik hingga paham mengenai isinya.
2. Buka Aplikasi / Platform Bukalapak

Selanjutnya, buka aplikasi yang telah terinstall pada smartphone. Setelah itu, login ke akun Bukalapak menggunakan email atau nomor telepon terdaftar.
3. Hubungi Pusat Bantuan

Di halaman utama aplikasi Bukalapak, pengguna dapat melihat beberapa ikon yang dapat dipilih. Langsung saja tap menu “Pembeli”. Kemudian, hubungi pusat bantuan Bukalapak dengan tap bagian “Live Chat Buka Bantuan”, lalu pilih opsi “Ingin Mengirim Formulir Hapus Akun”.
Pengguna akan diminta untuk download serta mengisi formulir, dan melampirkan identitas diri seperti E-KTP / SIM / Paspor, serta swafoto. Selain itu, pengguna juga diharuskan untuk menuliskan alasan penghapusan akun.
4. Proses Pengecekan Akun
Pihak Bukalapak akan melakukan pemeriksaan transaksi berjalan saldo (BukaDompet, BukaReksa, BukaEmas, Pinjaman Aktif, Kredit). Sebelum mengajukan permohonan penghapusan akun, pastikan melakukan pencairan saldo dan pelunasan pinjaman terlebih dahulu.
5. Akun Bukalapak Sukses Terhapus
Jika pengajuan akun disetujui, secara otomatis Anda akan logout dari akun Bukalapak dan juga akun mitra, serta tidak bisa melakukan login kembali.
6. Membutuhkan Bantuan Lanjutan? Ikuti Cara Ini

Masih membutuhkan bantuan lebih lanjut, tapi akun Bukalapak sudah terhapus? Anda bisa menghubungi menu BukaBantuan melalui fitur Live Chat. Aktivasi fitur Live Chat bisa dilakukan dengan cara mengirimkan email permohonan bantuan ke customer service Bukalapak.
Permohonan Penghapusan Akun Bukalapak Ditolak? Ini Alasannya!

Sudah menerapkan cara hapus akun Bukalapak di atas, tapi pengajuan menutup akun masih ditolak? Ada beberapa fakor yang menyebabkan permohonan penghapusan akun tidak disetujui.
Penjelasan selengkapnya dapat dilihat pada poin-poin di bawah ini:
1. Terdapat Transaksi Aktif di Akun Bukalapak
Jika ada transaksi aktif (sedang berjalan), seperti pembelian produk yang statusnya masih dalam pengiriman. Pengguna tidak dapat melakukan penghapusan akun. Setelah transaksi berstatus selesai, maka bisa kembali mengajukan permohonan menonaktifkan akun permanen.
2. Masih Ada Pinjaman Berjalan
Bagi pengguna layanan PayLater di Bukalapak atau belanja dengan sistem kredit di marketplace ini dan masih ada tagihan berjalan (belum dilunasi). Sudah tentu permohonan hapus akun ditolak. Pengguna dapat melakukan penutupan akun setelah semua pinjaman dilunasi.
3. Pengguna Tidak Menindaklanjuti Proses Penutupan Akun
Setelah menghubungi Pusat Bantuan Bukalapak, pengguna akan diminta untuk mengikuti beberapa instruksi sesuai ketentuan penghapusan akun dari pihak platform. Setelah mengisi dan mengirimkan formulir penonaktifan akun, biasanya pengguna masih harus melampirkan berkas yang kurang.
Apabila pengguna tidak mengirimkan balasan mengenai persyaratan yang diminta atau tidak menindaklanjuti proses penghapusan akun dalam jangka waktu maksimal 1 bulan. Secara otomatis, proses pengajuan berjalan tidak akan bisa dilanjutkan lagi.
Jika masih ingin menghapus akun, maka bisa melakukan proses pengajuan dari awal dengan mengikuti langkah-langkah panduan yang telah disebutkan.
Cara hapus akun Bukalapak di atas dapat dijadikan sebagai bahan referensi bagi yang berencana untuk melakukan penutupan akun permanen. Akan tetapi, jangan lupa untuk membaca syarat dan ketentuan berlaku terlebih dahulu.
Leave a Reply