Ingin berhenti menggunakan aplikasi marketplace Lazada karena suatu hal, tapi bingung mengenai cara hapus akun Lazada? Disini akan dibahas secara lengkap panduan menghapus akun di platform Lazada, beserta risiko setelah akun terhapus yang harus diketahui oleh setiap pengguna.
Sama dengan kebanyakan marketplace lain, Lazada tidak menyediakan fitur khusus yang memungkinkan para penggunanya untuk melakukan penghapusan akun secara langsung. Dengan kata lain, pengguna harus mengirimkan permohonan melalui pesan kepada CS Lazada.
Namun, pengguna tidak perlu merasa khawatir mengenai proses yang berbelit-belit. Sebab meskipun tidak instan, namun instruksi yang akan diterima sangat jelas dan mudah dimengerti.
Daftar Isi :
Kenapa Ingin Menghapus Akun di Lazada?

Seperti diketahui bersama, bahwa Lazada merupakan salah satu marketplace yang menjadi primadona masyarakat Indonesia. Akan tetapi, ada berbagai faktor dan alasan yang kemudian membuat pengguna ingin menghapus akunnya secara permanen.
Di bawah ini adalah beberapa alasan umum seseorang ingin hapus akun di Lazada:
1. Jarang Belanja Online Lagi
Pada era digital saat ini, kegiatan belanja online memang menjadi candu bagi banyak orang, khususnya kaum perempuan. Namun, setiap orang akan mengalami masa jenuh dengan online shopping. Apalagi, setelah menyadari betapa banyak uang yang dihabiskan untuk belanja.
Kalau sudah jarang belanja, maka untuk apa tetap menginstal aplikasi marketplace di smartphone? Selain membuat penuh ruang penyimpanan. Pengguna juga akan merasa terganggu dengan notifikasi masuk. Karenanya, jalan terbaik adalah menghapus akun di marketplace, seperti Lazada.
2. Terdapat Aktivitas Tidak Wajar
Penyalahgunaan akun marketplace memang semakin marak belakangan ini. Tentunya, ada banyak penyebab kenapa akun Lazada dapat diretas atau disalahgunakan pihak lain. Misalnya, terjebak iming-iming hadiah, ponsel dicuri orang dan akun marketplace digunakan oknum nakal.
Jika menemukan adanya kegiatan yang tidak wajar di akun Lazada, seperti pembelian produk menggunakan saldo, kartu debit atau kredit terhubung, dan sebagainya. Salah satu cara menyelamatkan diri dari kerugian berkelanjutan adalah dengan menghapus akun.
3. Tidak Memiliki Akses ke Email atau Nomor HP yang Digunakan Registrasi
Ada beberapa hal yang membuat pengguna Lazada kehilangan akses ke akunnya. Mulai dari lupa email dan password hingga nomor ponsel yang digunakan mendaftar hilang.
Kalau takut akun disalahgunakan pihak lain, maka bisa mengirimkan email ke pusat bantuan Lazada untuk mendapatkan solusi terbaik dan mengetahui tahapan menghapus akun.
4. Beralih ke Marketplace Lain
Lazada bukanlah satu-satunya marketplace populer di Indonesia. Kompetitornya sangat banyak. Dari sudut pandang customer, hal ini tentu menguntungkan. Karena bisa bebas belanja dimana saja serta lebih leluasa membandingkan harga produk di marketplace satu dan lainnya.
Karena tidak semua penikmat online shopping suka belanja di multiplatform. Biasanya, marketplace yang akan diminati akan segera dihapus.
Cara Hapus Akun Lazada Secara Permanen
Untuk menonaktifkan akun Lazada, pengguna bisa menghubungi pihak customer service melalui fitur “:Chat Sekarang” yang ada di aplikasi. Panduan lengkapnya ada di bawah ini:
- Buka aplikasi Lazada.
- Setelah berhasil masuk halaman beranda, tap menu “Account” di pojok kanan bawah.
- Scroll down dan pilih opsi “Help” dengan ikon tanda tanya.

- Pengguna akan dialihkan ke halaman Lazada Help Center.
- Pada halaman ini akan ditampilkan berbagai macam topik pertanyaan yang umum ditanyakan pengguna.
- Ketikkan permasalahan pada kolom search bar. Untuk keyword hapus akun tidak available. Namun, tidak perlu cemas. Cukup scroll down hingga menemukan “Chat Now”, lalu tap bagian tersebut.
- Tanpa perlu menunggu lama, jendela chat (ngobrol) akan ditampilkan. Pengguna dapat menanyakan hal-hal terkait penghapusan akun kepada CS.

- Pihak CS mungkin akan meminta beberapa data pribadi, seperti alamat email, nomor ponsel yang digunakan mendaftar, hingga foto selfie pemilik akun.
- CS akan mengirimkan informasi dan instruksi yang harus dilakukan pengguna.
- Setelah selesai, maka akun Lazada yang telah ditautkan ke email akan dinonaktifkan.
- Selesai
Panduan Menghapus Akun Lazada Seller
Bagi yang berprofesi sebagai seller (penjual) di Lazada, dan berniat untuk menghapus akun, maka dapat mengaplikasikan langkah-langkah berikut:
- Buka Lazada Seller Center yang telah diinstal pada smartphone.
- Masuk page “Akun Saya”.
- Pilih opsi “Pusat Bantuan Penjual”.

- Scroll down hingga menemukan ikon “Live Chat”.

- Tap ikon tersebut, kemudian ketikkan pesan seperti “Saya Ingin Hapus Akun Seller Ini” dan tekan “Kirim”.

- Akan ditampilkan jawaban otomatis bot. Selain itu, pengguna juga akan diminta mengisi link berisi formulir permohonan penghapusan akun.
- Klik ikon “Disini”.
- Pada bagian “Apa yang bisa kami bantu hari ini?”, tekan “Komersial”.
- Beberapa opsi pilihan bantuan akan tampil di layar ponsel, pilih opsi “Menghentikan kerja sama dengan Lazada”.
- Setelah ditampilkan beberapa kolom berisi identitas akun seller, silahkan isi sesuai instruksi.
- Untuk mengajukan permohonan menghapus akun seller, tap “Kirim”.
- Pengguna bisa memantau proses permohonan melalui menu “Pusat Bantuan”.
- Swipe ke bawah dan tap ikon “Case Management” untuk melihat perkembangan update permohonan pengguna.
- Selesai.
Catatan: Sebelum menonaktifkan akun atau menghapus toko secara permanen, pastikan terlebih dahulu jika semua pesanan telah diproses dan pembayaran juga sudah diterima.
Hal Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menghapus Lazada

Sebelum memutuskan menghapus akun Lazada permanen, sebagai smart user sebaiknya perhatikan terlebih dahulu beberapa hal ini. Dengan begitu, tidak ada penyesalan setelah akun terhapus.
- Alamat email tidak akan bisa lagi digunakan untuk mendaftar akun Lazada.
- Pembayaran dan pengembalian pada akun tidak akan dapat diproses.
- Pengguna akan kehilangan akses ke profil pelanggan dan juga riwayat pembelian (khusus seller).
Perlu diingat, bahwa akun Lazada tidak bisa dihapus jika pengguna masih memiliki pesanan aktif dengan status belum terpenuhi. Untuk mengkonfirmasi pesanan, silahkan hubungi pusat bantuan Lazada.
Hapus Akun Lazada atau Log Out?
Bagi penggemar setia kegiatan online shopping dan ingin rehat sejenak dari Lazada, maka menerapkan cara hapus akun Lazada bukanlah suatu solusi terbaik.
Kenapa? Karena menghapus akun secara permanen justru akan menimbulkan masalah baru. Sebab pengguna tidak akan bisa lagi mendaftar menggunakan alamat email dari akun sebelumnya.
Oleh sebab itulah, jika ingin menghapus akun di Lazada, tapi niatnya masih setengah-setengah. Lebih dianjurkan untuk log out. Dengan begitu, bisa bebas kembali login kapan saja.
Berikut adalah panduan log out dari aplikasi Lazada:
- Masuk ke aplikasi Lazada yang telah diinstall pada perangkat smartphone.
- Tap menu “Akun” di sisi kanan bawah.

- Klik ikon gerigi atau menu “Settings” di kanan atas.
- Tap “Logout” yang berada di bagian paling bawah.

- Selesai.
Jika ingin kembali menggunakan akun, maka bisa melakukan login menggunakan nomor ponsel atau email dan password. Setelah loading selesai, akun Lazada akan kembali seperti sedia kala.
Cara hapus akun Lazada di atas dapat dijadikan referensi oleh pengguna, baik customer maupun seller yang berencana melakukan penghapusan akun secara permanen. Akan tetapi, sebelum mengambil tindakan tersebut, sebaiknya pahami terlebih dahulu risiko menghapus akun di Lazada.
Leave a Reply