2-Cara-Mengubah-Tema-WhatsApp-di-iPhone-Dengan-dan-Tanpa-Aplikasi

2 Cara Mengubah Tema WhatsApp di iPhone Tanpa & Dengan App

Sudah tidak diragukan lagi WhatsApp merupakan aplikasi chat yang sangat populer hampir di seluruh dunia. Namun, bagaimana cara mengubah tema WhatsApp di iPhone agar tidak monoton saat dibuka hampir setiap saat di setiap harinya?

Beberapa penggunanya menyatakan merasa bosan karena hanya tampilan aplikasi ini selalu sama. Aplikasi ini kini telah meluncurkan dua mode yaitu, light mode dan dark mode. Tetapi hal ini tidak mengubah tampilan dan hanya warnanya saja.

Dua mode tersebut dapat digunakan pada WhatsApp versi terbarunya, oleh karena itu pastikan sudah mengupdate aplikasinya. Semenetra untuk mengganti ke tema yang lain dapat mengikuti langkah-langkah yang ada di artikel berikut:

Apa Itu WhatsApp?

Apa-Itu-Whatsapp Cara mengubah tema WhatsApp di iPhone

WhatsApp Messenger atau yang lebih dikenal dengan WhatsApp saja adalah aplikasi perpesanan singkat yang bisa dioperasikan melalui perangkat smartphone. Untuk bisa mengirimkan pesan pengguna diharuskan memiliki koneksi internet yang terhubung ke perangkatnya.

Aplikasi ini dirilis oleh dua orang mantan karyawan Yahoo, yaitu Brian Acton dan Jan Koum di Mountain View, California, United States pada tanggal 24 Februari 2009. Setelahnya pada tahun 2014 Facebook mengakuisinya dengan proses yang berjalan selama 8 bulan.

Beberapa fitur yang membuat aplikasi ini menjadi aplikasi messenger favorit diantaranya adalah tidak hanya dapat mengirimkan pesan berupa teks saja, tetapi juga bisa digunakan untuk mengirim foto, audio, video, lokasi, dokumen serta membuat panggilan telepon maupun video.

Kelebihan dan Kekurangan WhatsApp

Kelebihan-dan-Kekurangan-WhatsApp

Untuk bisa menjadi aplikasi nomor satu, WhatsApp tentunya memiliki banyak kelebihan, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Mudah digunakan

Kelebihan WhatsApp yang pertama adalah memiliki UI dan UX yang user friendly sehingga mudah digunakan untuk siapa saja dari kalangan mana saja, mulai dari yang muda hingga tua. Hal ini dibuktikan semua yang memiliki smartphone pasti memiliki aplikasi WhatsApp yang terinstal.

2. Hanya membutuhkan nomor telepon untuk registrasi

Untuk bisa menggunakannya, pengguna hanya perlu memiliki nomor telepon yang aktif untuk registrasi. Setelah itu, WhatsApp akan secara otomatis menyinkronkan kontak yang juga menggunakannya sehingga pengguna akan lebih mudah untuk menemukan teman-temannya.

3. Bisa backup percakapan

Saat hendak mengganti perangkat baru terkadang pengguna dapat kehilangan seluruh percakapan beserta file yang ada di dalamnya. Tetapi hal ini tidak berlaku untuk aplikasi WhatsApp karena bisa di backup terlebih dahulu sebelumnya.

4. Menggunakan koneksi internet

Selain hanya membutuhkan nomor telepon untuk bisa mendaftar dan terhubung dengan sesama pengguna, WhatsApp dioperasikan dengan menggunakan koneksi internet. Cara ini dinilai lebih hemat dari penggunaan pulsa untuk SMS.

5. Pesan dapat dibatalkan

Salah satu fitur yang tidak dimiliki aplikasi serupa lainnya adalah fitur mengurungkan pesan. Hal ini dapat digunakan dengan menekan opsi Delete for Everyone dan pesan akan terhapus. Tetapi penerima tetap akan mendapat notifikasi bahwa pengirim telah mengurungkan pesan.

6. Privasi terjaga

Pengguna dapat memilih untuk menampilkan informasi pribadi seperti foto profil atau status untuk bisa dilihat pengguna lain secara umum atau hanya orang-orang tertentu saja. Selain itu, pengguna juga dapat menyembunyikan Read receipt dan Last seen tetapi tidak bisa melihat miliki pengguna lain.

Namun, perlu diketahui bahwa mematikan fitur ini, pengguna juga tidak bisa melihat milik pengguna lainnya.

Di samping banyaknya kelebihan yang dimiliki WhatsApp, aplikasi ini masih buatan manusia yang tidak luput dari kekurangan, seperti:

1. Mengonsumsi banyak kuota

Konsumsi kuota yang banyak ini berasal dari fitur pengiriman gambar, video, audio dan dokumen lainnya. Agar pengguna bisa melihat file yang dikirimkan pengguna lain, maka ia harus mendownloadnya terlebih dahulu.

2. Memerlukan koneksi internet yang kuat

Koneksi internet yang lemah akan menyebabkan pesan yang dikirim atau diterima menjadi lambat. Oleh karena itu, agar selalu lancar berkomunikasi menggunakan aplikasi ini, pastikan untuk memiliki koneksi internet yang kuat.

3. Versi web harus terhubung dengan versi mobile

Aplikasi ini memang menyediakan versi PC yang bisa diakses melalui website, tetapi untuk bisa menggunakannya, WhatsApp yang ada di HP tetap harus aktif dan memiliki koneksi internet. Apabila WhatsApp yang ada di HP mati, maka versi website tidak bisa digunakan.

4. Versi website tidak bisa digunakan untuk voice dan video call

Fitur voice dan video call yang dimiliki WhatsApp juga hanya bisa digunakan melalui perangkat smartphone dan tidak bisa di versi websitenya.

5. Boros baterai

Aplikasi ini merupakan yang paling banyak mengkonsumsi daya baterai HP khususnya saat terdapat banyak chat yang masuk. Oleh karena itu, agar bisa menghemat baterai pengguna disarankan untuk menonaktifkan push notification atau mute grup ramai yang tidak penting.

Cara Mengubah Tema WhatsApp di iPhone

Cara mengganti tema default WhatsApp dapat dilakukan melalui dua cara, yaitu tanpa aplikasi atau menggunakan aplikasi.

1. Cara mengubah tema WhatsApp di iPhone tanpa menginstal aplikasi pihak ketiga

a. Melalui pengaturan iPhone

Cara mengganti tema WhatsApp tanpa aplikasi yang pertama adalah dengan memanfaatkan pengaturan iPhone, yang dapat dilakukan dengan langkah sebagai berikut:

  • Buka menu Setting kemudian masuk ke opsi General.
  • Lalu pilih opsi Accessibility yang dilanjutkan dengan Display accommodations.
Lalu-pilih-opsi-Accessibility-yang-dilanjutkan-dengan-Display-accommodations Cara mengubah tema WhatsApp di iPhone
  • Klik pilihan Invert colors lalu geser toggle ke kanan pada opsi Smart invert untuk mengaktifkannya.

b. Melalui aplikasi WhatsApp

Mengubah tema WhatsApp di iPhone dapat dilakukan secara langsung melalui aplikasinya. Namun perlu diketahui cara ini hanya untuk mengubah modenya dari light ke dark dan tidak mengubah tema secara keseluruhan. Meski sedikit perubahan, tapi mampu merubah suasana aplikasi, caranya:

  • Buka aplikasi WhatsApp.
  • Klik pada ikon titik tiga yang terletak di pojok kanan atas dan masuk ke menu Settings.
  • Klik pada pilihan Theme yang akan memunculkan opsi light atau dark.
Klik-pada-pilihan-Theme-yang-akan-memunculkan-opsi-light-atau-dark
  • Pilih tema sesuai keinginan.

2. Cara mengubah tema WhatsApp di iPhone menggunakan aplikasi

Terdapat aplikasi pihak ketiga yang bisa dimanfaatkan untuk mengubah tema WhatsApp agar tidak membosankan, diantaranya adalah:

a. GBWhatsApp

Pertama adalah aplikasi bernama GBWhatsApp yang sudah populer untuk mengganti tema WhatsApp agar lebih bervariasi. Aplikasi ini dapat digunakan dengan langkah sebagai berikut:

  • Backup data percakapan WhatsApp.
  • Hapus aplikasi WhatsApp original.
  • Download dan instal aplikasi GBWhatsApp.
  • Registrasi ke aplikasi tersebut dengan langkah seperti registrasi pada WhatsApp original.
  • Apabila sudah berhasil restore kembali data percakapan WhatsApp.
  • Klik pada ikon titik tiga yang ada di pojok kanan atas kemudian masuk ke menu GB Setting.
Klik-pada-ikon-titik-tiga.
  • Pilih dan download tema kemudian klik Apply untuk menggunakannya.

b. FMWhatsApp

Hampir sama dengan aplikasi sebelumnya, FMWhatsApp juga dapat digunakan untuk mengganti tema WhatsApp dengan cara:

  • Download dan instal aplikasi FMWhatsApp.
  • Registrasi ke aplikasi menggunakan nomor yang terdaftar untuk WhatsApp.
  • Klik ikon titik tiga yang terletak di pojok kanan atas kemudian masuk ke menu Fouad Mods.
  • Pilih opsi FMThemes atau Yothemes.
Pilih-opsi-FMThemes-atau-Yothemes Cara mengubah tema WhatsApp di iPhone
  • Klik tombol Install untuk mengaplikasikan tema pada WhatsApp.

Cara mengubah tema WhatsApp di iPhone di atas akan sangat bermanfaat saat pengguna mulai bosan dengan tema bawaannya. Hal ini bisa saja terjadi karena WhatsApp digunakan setiap saat di setiap harinya.


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.