
Instagram merupakan media sosial dengan pengguna aktif yang sangat banyak, setidaknya hingga artikel ini ditulis, ada lebih dari 1 milyar pengguna aktif di seluruh dunia.
Oleh karena itu, banyak pebisnis yang memanfaatkan Instagram sebagai salah satu saluran pemasaran untuk meningkatkan penjualan. Di Indonesia, tercatat setidaknya ada 25 juta bisnis di Instagram.
Karena banyaknya pebisnis dan content creator yang menggunakan Instagram, akhirnya Instagram memutuskan untuk menambah fitur baru yakni akun bisnis dan akun kreator agar para pemilik bisnis dan content creator bisa mengoptimalkan Instagram.
Daftar Isi :
Apa itu Akun Bisnis dan Akun Kreator Instagram?
1. Akun Bisnis
Diciptakan untuk memudahkan para pemilik bisnis mempromosikan bisnisnya di Instagram.
Akun bisnis masih memiliki fitur yang sama dengan akun kreator, namun akun kreator memiliki fitur tambahan yang dibuat secara khusus sesuai dengan kebutuhan para selebgram, influencer, creator, ataupun public figure.
2. Akun Kreator
Sebelumnya para influencer dan content creator menggunakan akun bisnis/business account untuk mendapatkan akses fitur yang dapat membantu mengelola akun sekaligus mengembangkan akun mereka.
Namun instagram menyadari bahwa akun bisnis bukanlah akun dengan fitur yang efektif untuk para influencer, sehingga dibuatlah akun kreator yang dikhususkan bagi para selebgram, influencer, creator, ataupun public figure.
Cara Membuat Akun Bisnis dan Akun Kreator di Instagram
Jalankan Instagram dan login ke akun personal yang ingin kamu ubah menjadi akun bisnis ataupun akun kreator.
Jika sudah, ikuti langkah berikut :
- Ketuk titik tiga di pojok kanan atas, kemudian pilih Settings;
- Setelah masuk ke pengaturan, geser ke bawah dan ketuk Switch to Professional Account;
- Selanjutnya, pilih salah satu jenis akun yang sesuai dengan kebutuhan kamu, apakah Creator atau Business.
- Ikuti langkah selanjutnya hingga selesai.
Di langkah selanjutnya ini kamu akan diminta untuk mengisi kelengkapan data seperti :
- kategori bisnis;
- alamat e-mail;
- nomor telepon; dan
- menghubungkan akun Instagram ke Fanspage Facebook.
Mudah bukan?
Sampai tahap ini, akun personal kamu sudah berubah menjadi akun bisnis/kreator yang siap kamu manage secara profesional.
Kelebihan Akun Kreator
- Insights kini menampilkan data pertumbuhan seputar followers dan unfollowers;
- Tools untuk mengelola DMs/direct messages, kamu dapat mem-filter DM (misalnya memprioritaskan DM dari rekan bisnis, klien, teman dan keluarga);
- Mengatur peringkat pending request yang masuk berdasarkan jumlah followers untuk memastikan agar kamu tidak melewatkan request penting.
- Fitur Branded Content Approval (Persetujuan Konten Bermerek)
1. Growth Insights
Growth Insights memberikan data yang lebih detail mengenai perubahan yang terjadi pada akun kamu seperti statistik perubahan harian dan mingguan dari jumlah followers. Kamu juga dapat melihat apa yang kamu posting pada hari tertentu sehingga kamu kehilangan ataupun mendapatkan followers baru.
Hal tersebut dapat membantu para influencers untuk lebih memahami apa yang terjadi ketika mereka mengalami penambahan followers ataupun kehilangan followers, misalnya :
- Kehilangan followers karena memposting terlalu banyak stories pada hari tersebut;
- Mendapatkan lonjakan followers baru karena ternyata pada hari itu kamu baru saja memposting foto/stories yang bersifat lebih pribadi.
2. Filter DMs / Direct messages
Filter DM merupakan salah satu fitur yang sangat membantu para influencer untuk menyaring DM yang masuk sehingga kamu tidak melewatkan DM yang penting seperti dari rekan, client, sahabat, keluarga, dan lain-lain.
3. Top Requests
Top Request berfungsi untuk memfilter DM masuk dari non-followers kamu.
Dengan fitur ini, Instagram akan memprioritaskan DM masuk berdasarkan jumlah followers terbanyak, artinya daftar teratas akan ditempati oleh DM dari akun dengan followers terbesar.
Hal ini dapat membantu kamu untuk tidak melewatkan pesan DM dari akun non-followers yang penting.
4. Branded Content Approval (Persetujuan Konten Bermerek)
Fitur ini memberikan kamu kendali untuk memastikan bahwa brand membutuhkan persetujuan kamu sebelum memposting foto kamu dengan produk mereka. Jadi brand yang belum mendapat persetujuan kamu tidak bisa mem-posting foto yang terdapat tag nama akun kamu.
Kamu dapat memasukkan brand yang disukai atau brand yang memang bekerja sama dengan kamu ke dalam daftar “akun disetujui/approved account” sehingga mereka tidak memerlukan persetujuan saat mem-posting foto dengan tag nama kamu.
Demikian Cara Membuat Akun Bisnis dan Akun Kreator Instagram.
Semoga bermanfaat..!
Leave a Reply